Minggu, 01 Oktober 2017

Tech News-Teknologi 2017 AI dan Advanced Machine Learning

Kecerdasan Buatan AI (Artificial Intelligence) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol dari pada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan (Encyclopedia Britannica), kecerdasan buatan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari karena memang kecerdasan buatan adalah fiksi ilmiah, dan orang-orang dulu beranggapan kecerdasan buatan merupakan masa depan bagi kita semua,  AI (Artificial Intelligence) muncul dan mulai dijalankan pertama kali pada kisah mitologi Yunani dan peradaban Mesir Kuno,namun AI mulai di terapkan sekitar era 1950-an dengan dimulainya perkembangan komputer pada tahun 1941-1949, dari situlah muncul keinginan untuk mempelajari AI lebih lanjut.
Tahun 1951 pertama kalinya AI berhasil di ciptakan dengan mengunakan komputer Ferranti Mark 1 , Christopher Strachey dan Dietrich Prinz berhasil membuat sebuah permainan catur melawan komputer tidak sampai di situ pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mulai mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan dengan mengunakan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang tergolong sukses pertama kali dalam bidang matematika, Ted Shortliffe mendemonstrasikan sistem berbasis aturan berupa pengetahuan dan inferensi dalam bidang diagnosa dan terapi medis yang disebut sistem pakar. Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, dan pada tahun 1990-an – 1997-an di tandai oleh perolehan yang sangat besar dalam bidang AI dan berbagai macam aplikasi.Teknologi
  • Contoh Aplikasi :E-learning, Zuma deluxe ,Game interaktif (flip word – menyusun kata dalam bahasa inggris)
  • Contoh Aplikasi : E-bisnis, E-commerce, Aplikasi Pemantau Naik turunnya Mata Uang, Pemantau naik turunnya harga saham
  • Contoh Aplikasi : antivirus, Kunci Ponsel,Deteksi Wajah, Aplikasi Deteksi Kebohongan lewat detak jantung, Aplikasi Absensi Sidik Jari, Aplikasi Deteksi Gempa dan Tsunami.
Fakta Perkembangan AI

  1. Artificial Intelligence berkembang lebih cepat dari yang bisa kita bayangkan
    alat-alat elektronik, seperti gadget dan lain-lain
  2. Saat ini ada beberapa sistem Artificial Intelligence yang kita gunakan sehari-hari Google Search dengan search terms suggestion nya dan Google Now & Siri dengan penerimaan proses lewat suara
  3. Robot canggih bermunculan dan manusia pasti akan tersaingi
  4. Ilmuan AI percaya bahwa pada tahun 2040, robot akan lebih pintar dari manusia
  5. AI Berbahaya bagi kelangsungan manusia
  6. Ketika AI lebih pintar dari manusia, manusia akan binggung memahami sistem AI
  7. AI tidak bisa jahat atau merusak
  8. Ai harus memiliki 3 unsur penting
    – “oracle” akan mampu menjawab pertanyaan dengan tingkat akurasi yang baik.
    – “genie” akan melakukan apa saja yang diperintahkan untuk melakukan dan kemudian menunggu perintah selanjutnya
    -”sovereign” akan ditugaskan untuk memecahkan masalah secara menyeluruh dan kemudian diizinkan untuk beroperasi dengan membuat keputusan tentang bagaimana cara terbaik untuk mencapai tujuan atau memecahkan masalah tersebut.
  1. AI kira-kira dibagi menjadi 2 kubu yaitu optimis dan pesimis”Teknologi”

0 komentar:

Posting Komentar